Selasa, 10 Juli 2012

Kewirausahaan


Penyusunan Organisasi Perusahaan

1.      Nama perusahaan : Restoran Papadaan

2.      Struktur : susunan dalam organisasi atau bagian-bagian

3.      Apa yang harus dilakukan:

Langkah awal yang harus kita lakukan adalah mengatur, mengorganisir kerja masing-masing bagian / staff.

4.      Bagaimana melakukannya:

Mengatur dan mengarahkan manager kita untuk melaksanakan tugasnya sebagai orang yang tertinggi setelah investor (kita). Tugas manager yaitu memberi, mengawasi dan mengarahkan kepada setiap bagian bidang untuk melaksanakan tugasnya masing-masing.

5.      Kapan dikerjakan dan dimulai:

Memulai mengerjakan penyusunan organisasi perusahaan pada saat perusahaan atau usaha akan dibuka yang mana sebelumnya kita sudah terlebih dahulu diketahui resiko-resiko yang akan dihadapi, setelah pengurus disetiap bidang sudah lengkap baru kita mulai buka usaha kita.


6.      Dengan cara apa hal tersebut dilakukan :


Dengan cara mengumpulkan pegawai-pegawai yang akan bekerja di tempat kita terlebih dahulu, membicarakan tatatertib, kemudian, membicarakan soal tentang struktur kepengurusan. Yang mana yang menduduki dalam bidang-bidangnya adalah orang-orang yang memang berbakat dibidangnya.

7.      Siapa yang melakukan hal tersebut :

Adapun yang melakukan hal ini adalah sang investor. Karena investor sebagai pemilik modal dan ia memang berhak untuk mengatur secara keseluruhan terhadap usaha itu.

8.      Tugas masing-masing karyawan:
A.    Tugas Pimpinan
1.      Memimpin bawahan
2.      Mengatur secara keseluruhan
3.      Mempercayai bawahan

B.     Tugas Wakil Pimpinan

1.      Membantu pimpinan
2.      Menggantikan pimpinan disaat pemimpin mempunyai kesibukan lain.
3.      Memimpin bawahan
4.      Mengatur seluruh bidang

C.     Tugas Bendahara

1.      Sebagai penanggung jawab dan pemegang rekening organisasi (pemegang uang)
2.      Merencanakan dan mengelola keuangan organisasi
3.      Mengetahui pemasukan dan pengeluaran

D.    Juru Bayar

1.      Membayar seluruh tagihan:
a.       Hal yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk dijual
b.      Tagihan listrik
c.       Air
d.      Pajak
e.       Dll.


E.     Tugas Marketing

1.      Alokasi dana
2.      Membuat iklan penjualan
3.      Meningkatkan penawaran
4.      Menentukan harga yang spesifik

F.      Tugas Bagian Gudang / Logistik

1.      Mengelola secara efektif
2.      Mencatat barang yang masuk dan keluar
3.      Melaporkan jika ada barang yang rusak

G.    Tugas Administrasi

1.      Melaksanakan aktifitas penyiapan ruang kerja dan peralatan kantor untuk seluruh pegawai, serta memastikan ketersediaan ruangan kerja dan peralatan kantor bagi setiap pekerja sesuai dengan jenis pekerjaan dan jabatan.
2.      Melaksanakan aktifitas renovasi gedung kantor/kerja, untuk memastikan semua gedung kantor selalu siap operasional.
3.      Melaksanakan kegiatan surat-menyurat, dokumentasi dan pengarsipan, untuk memastikan dukungan administrasi bagi kelancaran kegiatan seluruh karyawan.
4.      Membuat rencana dan mengevaluasi kerja harian dan bulanan untuk memastikan tercapainya kualitas target kerja yang dipersyaratkan dan sebagai bahan informasi kepada atasan.
5.      Membuat perkiraan biaya tahunan yang berkaitan dengan kegiatan office administration, sebagai rekomendasi pembuatan anggaran departemen General Affair.
6.      Melaksanankan akan adanya  kebutuhan dan pengadaan alat tulis kantor, peralatan kantor, peralatan kebersihan dan keamanan kantor serta layanan photocopy dan penjilidan.
7.      Mengawasi pelaksanaan kebersihan dan kenyamanan  ruang kantor dan keamanan kantor.
H.    Cleaning Service

1.      Membersihkan setiap selak beluk dalam dan luar ruangan
2.      Membuang sampah keluar
3.      Menjaga setiap saat kebersihan seluruh gedung




Tidak ada komentar:

Posting Komentar