Penyusunan
Organisasi Perusahaan
1.
Nama perusahaan
: Restoran Papadaan
2.
Struktur : susunan dalam organisasi atau bagian-bagian
3.
Apa yang harus
dilakukan:
Langkah awal yang harus kita lakukan adalah mengatur,
mengorganisir kerja masing-masing bagian / staff.
4.
Bagaimana
melakukannya:
Mengatur dan mengarahkan manager kita untuk melaksanakan
tugasnya sebagai orang yang tertinggi setelah investor (kita). Tugas manager
yaitu memberi, mengawasi dan mengarahkan kepada setiap bagian bidang untuk
melaksanakan tugasnya masing-masing.
5.
Kapan dikerjakan
dan dimulai:
Memulai mengerjakan penyusunan organisasi perusahaan
pada saat perusahaan atau usaha akan dibuka yang mana sebelumnya kita sudah
terlebih dahulu diketahui resiko-resiko yang akan dihadapi, setelah pengurus
disetiap bidang sudah lengkap baru kita mulai buka usaha kita.
6.
Dengan cara apa
hal tersebut dilakukan :
Dengan cara mengumpulkan pegawai-pegawai yang akan
bekerja di tempat kita terlebih dahulu, membicarakan tatatertib, kemudian,
membicarakan soal tentang struktur kepengurusan. Yang mana yang menduduki dalam
bidang-bidangnya adalah orang-orang yang memang berbakat dibidangnya.
7.
Siapa yang
melakukan hal tersebut :
Adapun yang melakukan hal ini adalah sang investor.
Karena investor sebagai pemilik modal dan ia memang berhak untuk mengatur
secara keseluruhan terhadap usaha itu.
8.
Tugas
masing-masing karyawan:
A. Tugas Pimpinan
1.
Memimpin bawahan
2.
Mengatur secara
keseluruhan
3.
Mempercayai
bawahan
B. Tugas
Wakil Pimpinan
1.
Membantu
pimpinan
2.
Menggantikan
pimpinan disaat pemimpin mempunyai kesibukan lain.
3.
Memimpin bawahan
4.
Mengatur seluruh
bidang
C. Tugas
Bendahara
1.
Sebagai
penanggung jawab dan pemegang rekening organisasi (pemegang uang)
2.
Merencanakan dan
mengelola keuangan organisasi
3.
Mengetahui
pemasukan dan pengeluaran
D. Juru
Bayar
1.
Membayar seluruh
tagihan:
a.
Hal yang
dibutuhkan oleh perusahaan untuk dijual
b.
Tagihan listrik
c.
Air
d.
Pajak
e.
Dll.
E. Tugas
Marketing
1.
Alokasi dana
2.
Membuat iklan
penjualan
3.
Meningkatkan
penawaran
4.
Menentukan harga
yang spesifik
F.
Tugas Bagian
Gudang / Logistik
1.
Mengelola secara
efektif
2.
Mencatat barang
yang masuk dan keluar
3.
Melaporkan jika
ada barang yang rusak
G. Tugas
Administrasi
1.
Melaksanakan
aktifitas penyiapan ruang kerja dan peralatan kantor untuk seluruh pegawai,
serta memastikan ketersediaan ruangan kerja dan peralatan kantor bagi setiap
pekerja sesuai dengan jenis pekerjaan dan jabatan.
2.
Melaksanakan
aktifitas renovasi gedung kantor/kerja, untuk memastikan semua gedung kantor
selalu siap operasional.
3.
Melaksanakan
kegiatan surat-menyurat, dokumentasi dan pengarsipan, untuk memastikan dukungan
administrasi bagi kelancaran kegiatan seluruh karyawan.
4.
Membuat
rencana dan mengevaluasi kerja harian dan bulanan untuk memastikan tercapainya
kualitas target kerja yang dipersyaratkan dan sebagai bahan informasi kepada
atasan.
5.
Membuat
perkiraan biaya tahunan yang berkaitan dengan kegiatan office administration,
sebagai rekomendasi pembuatan anggaran departemen General Affair.
6.
Melaksanankan
akan adanya kebutuhan dan pengadaan alat tulis kantor, peralatan kantor,
peralatan kebersihan dan keamanan kantor serta layanan photocopy dan
penjilidan.
7.
Mengawasi
pelaksanaan kebersihan dan kenyamanan ruang kantor dan keamanan kantor.
H. Cleaning
Service
1.
Membersihkan
setiap selak beluk dalam dan luar ruangan
2.
Membuang sampah
keluar
3.
Menjaga setiap
saat kebersihan seluruh gedung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar